Monday, January 31, 2011

Tips Mengelola Dana Pensiun Anda


Setiap orang pasti akan pensiun. Dan itu adalah momen yang akan Anda hadapi. Pensiun adalah masa seseorang tidak lagi dapat menghasilkan. Karena merupakan sebuah kepastian, maka sudah sewajarnya setiap orang mempersiapkan diri untuk nasuk ke dalam’fase’pensiun dengan menyiapkan dana pensiun. Tentunya, di luar fasilitas pensiun yang diberikan oleh perusahaan. Persiapan ini mencakup berbagai bidang termasuk psikologis, mental-spiritual, kesehatan dan tentu saja financial.

Dalam hal keuangan, yang harus Anda lakukan dalam mempersiapkan pensiun adalah sebagai berikut:

1. Menyisihkan Dana Lebih Awal (Menabung)
Untuk masa pensiun selama 25 tahun, paling tidak Anda harus melakukan penyisihan dana untuk masa pensiun selama 25 tahun. Dengan memulai lebih awal, keperluan dana untuk disisihkan tiap bulan atau tahun akan lebih sedikit. Sebalilknya jika jangka waktu mengumpulkan terlalu pendek, maka dana yang harus disisihkan untuk mencapai jumlah dana yang sama, akan jauh lebih mahal.

2. Menghitung Dana yang Diperlukan
Langkah selanjutnya menghitung jumlah dana yang dibutuhkan. Hal ini diperlukan untuk
menentukan berapa besar dana yang harus disisihkan atau diinvestasikan tiap bulan. Dalam
ini, Anda perlu menentukan gaga hidup yang diinginkan pada saat pensiun nanti.

Meski usia Anda dan pasangan masih jauh dari waktu pensiun, namun tak ada salahnya bila Anda menyiapkan dana pensiun sejak dini. Mulailah menabung dan berinvestasi, agar Anda dan pasangan menjalani mass pensiun dengan nyaman dan tentram.

Misalnya, Anda ingin hidup di pinggiran kota dengan tetap memiliki mobil dan pekerja rumahtangga. Berdasarkan gays hidup yang telah ditentukan, hitung berapa pengeluaran yang Anda butuhkan sekarang. Selanjutnya, hitunglah kebutuhan dana selama pensiun dan rencanakan investasi yang Anda harus lakukan untuk mencapai dana yang ands butuhkan saat mass pensiun nanti.

3. Asuransi
Proteksi diri dan keluarga Anda dengan asuransi untuk kesehatan clan cacat. sekarang ini banyak perusahaan asuransi (jiwa) yang menawarkan produk-produk asuransi jiwa yang sekaligus juga memberikan manfaat pensiun. jadi, ketika Anda berusia 50 – 60 tahun, Anda akan mendapatkan sejumlah dana tunai yang cukup. Dan Anda tidak perlu mengkhawatirkan mass pensiun Anda.

4. Usaha sampingan
Selain menabung dan asuransi, dana pensiun juga bisa diperoleh dengan membuka usaha sampingan. Membuka usaha sampingan bisa sangat menguntungkan. Dengan membuka usaha, bisa didapat hasil yang besar dalam tempo yang lebih cepat. Namun, menjalankan usaha sampingan tentunya tak lepas dari risiko, terutama risiko keuangan. Kemungkinan merugi akan selalu ada.

(sumber: Tabloid mamamia)

No comments:

Post a Comment

Tips Mengemudi Saat Tanjakan

Dalam mengemudikan kendaraan perlu adanya sikap terampil dan cekatan agar tidak terjadi kesalahan yang dapat berakibat fatal. Terutama dala...