Tuesday, January 25, 2011

Tips Format Flashdisk Yang Menurun kapasitasnya.

Jika anda cukup sering memindahkan data dengan menggunakan flash disk, pernahkah anda menganalisa mengenai kapasitas flash disk anda. Tahukah anda, jika kapasaitas flash disk anda dapat berkurang dari kapasitas yang semestinya. Misalkan flash disk anda berkapasitas 2GB,anda hanya bisa menyimpan data sebesar 500 MB, dan saat anda mengecek kapasitas flash disk anda, dengan cara mengklik kanan pada gambar flash disk anda, kemudian memilih [Properties] dari menu yang muncul, ternyata Used space dan Free space menunjukkan nilai yang tidak semestinya. Used space yang seharusnya hanya 10 MB ternayata menunjukkan nilai yang lebih besar, misalkan menjadi 100 MB, sehingga mengurangi nilai Free space yang anda miliki. Hal ini dapat terjadi dikarenakan tabel file system yang ada pada flash disk anda sudah cukup berantakan, karena anda sering melakukan proses menulis dan menghapus yang cukup banyak. Hal ini biasanya juga terjadi pada hard disk, dan menyebabkab akses terhadap file dan performa komputer menjadi lambat atau lemot.

Atau anda menemukan kejadian dimana kapasitas flashdisk anda yg 2GB dan sudah terpakai 500 MB tetapi ketika mau save file sebesar 2 MB sudah tidak bisa mencukupi lagi padahal saat di cek semestinya kapasitas masih mencukupi. Apa yang harus anda lakukan???
Untuk mengembalikan kapasitas flash disk anda, yang harus anda lakukan adalah melakukan format ulang flash disk anda. Untuk menformat flash disk amatlah mudah, anda cukup melakukan klik kanan pada kandar flash disk anda pada Windows Explorer, kemudian pilih [Format…] pada menu yang muncul, lanjutkan dengan klik tombol [Start] untuk memformat. Sebelum flash disk anda di format ulang, pastikan data-data penting anda sudah dipindahkan ke hard disk terlebih dahulu.


Setelah di format ulang, silahkan cek kembali kapasitas flash disk anda, dapat dipastikan nilainya akan sesuai dengan kapasitas sebenarnya. Ada baiknya anda melakukan hal ini secara berkala, jika anda memang cukup sering memindahkan data dengan menggunakan flash disk.

Cukup mudah bukan..???

Selamat Mencoba Tips nya....

No comments:

Post a Comment

Tips Mengemudi Saat Tanjakan

Dalam mengemudikan kendaraan perlu adanya sikap terampil dan cekatan agar tidak terjadi kesalahan yang dapat berakibat fatal. Terutama dala...