Friday, August 11, 2017

Tips Mengemudi Saat Tanjakan

Dalam mengemudikan kendaraan perlu adanya sikap terampil dan cekatan agar tidak terjadi kesalahan yang dapat berakibat fatal. Terutama dalam mengemudikan mobil matic yang pada dasarnya memiliki tingkat kemudahan dan kenyamanan dalam mengemudi.
Salah satu medan yang tersulit mengemudi mobil, yakni saat kondisi jalan yang menanjak apalagi ditambah dengan keadaan macet, termasuk saat menggunakan mobil matic. Terkadang banyak orang yang bingung cara mengemudi mobil matic di jalan yang menanjak karena jika tidak paham benar caranya bisa jadi mobil akan mundur ke belakang dan membahayakan kendaraan lain yang berada di belakang.
Ada tips yang harus kamu perhatikan saat mengendarai mobil matic saat kondisi jalan menanjak. Oleh karena itu, kamu harus perhatikan empat tips mengendari mobil matic di jalan menanjak ini.

1. Perhatikan Tingkat Kecuraman Tanjakan

Hal ini pertama yang harus kamu perhatikan karena akan mempengaruhi tuas yang kamu gunakan. Patut diketahui, tuas transmisi ada untuk posisi netral, P untuk posisi sedang parkir, R artinya reverse atau mobil melaju mundur, serta D untuk kondisi mobil melaju ke depan. Lalu, ditambah lambang D2 dan D1 atau L di bawah posisi D.

2. Cocokan Tuas Transmisi dengan Kondisi Jalan

Jika kamu berada di jalan tanjakan daerah pedesaan maupun pegunungan yang biasanya memiliki medan yang lebih curam, kamu tidak cukup jika hanya menggunakan mode D saja, tetapi gunakanlah transmisi D2 untuk bisa melaluinya dengan mudah. Selain itu, jika tanjakan semakin curam kamu bisa menggunakan posisi D1. Posisi ini ibaratnya gigi 1 pada mobil manual. Posisi ini digunakan untuk tanjakan yang sangat curam atau ketika terjebak macet dan berjalan merayap di tanjakan.


3. Jangan Injak Rem saat Pindah Tuas dari D ke Posisi D2 atau D1

Hindari menggunakan rem terlalu dalam atau tidak sama sekali saat akan pindah dari posisi D ke D2 atau D1. Kamu hanya harus menekan tombol yang ada di tuas persneling untuk dapat memindahkan gigi. 


4. Biasakan dan Terus Berlatih Menggunakan Mobil Matic di Jalan Menanjak

Kamu harus terbiasa menggunakan mobil matic saat kondisi jalan menanjak dengan cara terus berlatih. Dengan begitu, akselerasi mobil matik jadi lebih bertahap yang hampir sama ketika sedang mengendarai mobil manual saat posisi tanjakan

No comments:

Post a Comment

Tips Mengemudi Saat Tanjakan

Dalam mengemudikan kendaraan perlu adanya sikap terampil dan cekatan agar tidak terjadi kesalahan yang dapat berakibat fatal. Terutama dala...