Thursday, November 29, 2012

Tips Pembelajaran Anak Usia Dini

Anak-anak belajar dengan cara yang berbeda, sehingga sangat penting untuk memiliki beberapa teknik belajar bagaimana untuk membantu mereka mencapai tujuan belajar mereka. Mengembangkan berbagai teknik akan membantu Anda menjadi lebih seimbang sebagai guru, dan akan membantu Anda mendapatkan informasi yang mendalam ke sebagian besar siswa.
Metode yang di pakai setiap orang mungkin berbeda-beda tergantung lingkungan di mana proses belajar mengajar itu di lakukan.
Tips berikut ini mungkin bisa di pertimbangkan :
Hands-On
Tehnik "Hands-on" adalah teknik di mana siswa menggunakan indra mereka untuk mempelajari apa yang guru ingin mereka tahu. Jika Anda belajar tentang merawat hewan, menggunakan teknik Hands On bisa di lakukan seperti pergi ke sebuah peternakan, memiliki hewan peliharaan kelas, atau meniru hewan peliharaan dengan boneka binatang dan menyediakan perawatan. Pembelajaran dengan metode Hands-on ini juga bisa di lanjutkan untuk lebih memperluas pengertian seperti membedah hewan untuk belajar tentang anatomi katak, cicak, atau burung dsb, atau menanam kebun untuk belajar tentang kehidupan tanaman. Tehnik "Hands-on" adalah bagaimana melibatkan siswa mempelajari sesuatu ilmu pengetahuan dengan cara yang taktis dan menggunakan indra mereka.

Interaktif
Pembelajaran interaktif adalah lebih dari sekedar mendengarkan apa yang dikatakan guru. Teknik pembelajaran interaktif untuk segala usia termasuk mencari informasi di internet, menonton dan membuat video dan presentasi audio yang menjelaskan unsur sesuatu, dan terlibat dalam proses. Siswa bisa belajar tentang bagaimana sebuah stasiun radio bekerja dengan meneliti mereka dan menciptakan presentasi interaktif pada mereka dengan teman sekelas lainnya. Interaktif berbeda metode "Hands On" pembelajaran metode " Interaktif" ini, siswa biasanya menggunakan teknologi untuk terlibat dalam proses pembelajaran, sementara di "Hands-on", siswa hanya melakukan proses untuk belajar tentang hal itu saja.

Play Group
Bekerja dengan kelompok telah menjadi teknik pembelajaran di banyak sekolah untuk beberapa waktu. Sebagai siswa bekerja dalam kelompok, mereka dapat menarik pada ide-ide dari siswa lain, dan fokus pada hal-hal yang siswa lain tahu. Juga, siswa yang lebih beruntung dari teman sekelas mereka dapat bertindak sebagai guru dan membantu untuk memfasilitasi pembelajaran orang lain. Ketika siswa berpartisipasi dalam kelompok belajar, mereka dapat melakukan brainstorming cara yang berbeda untuk memecahkan masalah yang sama. Mereka juga belajar kerja sama tim.

One-On-One Instruksi
Bekerja satu-satu dengan siswa adalah cara untuk menghubungkan dengan orang-orang yang mungkin memerlukan perhatian individu atau perhatian khusus untuk mempelajari hal-hal yang sama siswa lain belajar lebih mudah. Hal ini dilakukan baik oleh seorang guru yang memiliki waktu luang, atau dengan alat bantu atau paraprofesional. Biasanya digunakan dengan siswa dengan kebutuhan khusus, teknik ini pembelajaran juga dapat digunakan bagi siswa yang lebih lambat daripada yang lain, sedikit di belakang orang lain, atau yang hanya tidak melakukannya dengan baik di jenis-jenis situasi belajar.

Perlu Di Pertimbangkan
Setiap anak di kelas Anda akan belajar dengan cara yang berbeda. Ini berarti bahwa sebagai seorang guru, cara terbaik untuk menjadi sukses adalah untuk mengembangkan strategi belajar banyak yang dapat Anda gunakan untuk para siswa dan untuk situasi ini. Hanya dengan menyediakan teknik belajar yang berbeda akan Anda dapat mencapai tingkat kelas keberhasilan terbaik.

No comments:

Post a Comment

Tips Mengemudi Saat Tanjakan

Dalam mengemudikan kendaraan perlu adanya sikap terampil dan cekatan agar tidak terjadi kesalahan yang dapat berakibat fatal. Terutama dala...